Berdakwah Dengan Hati

Minggu, 06 Maret 2016

Wajib Tahu: 4 Hal Penting agar Selamat dari Perangkap Iblis

Cahayatasbih.com - Iblis tidak akan pernah berhenti
menggoda manusia hingga hari kiamat tiba. Dalam menggoda manusia, iblis memiliki berbagai macam cara. Tipu dayanya seringkali membuat manusia tak merasa dirinya telah berpaling dari Allah SWT dan perlahan menjadi sekutu iblis. Kemampuan iblis dalam menggoda manusia sangat luar biasa, bahkan Rasulullah SAW mensinyalir syetan dapat ikut mengalir dalam darah kita.

4 Hal Penting agar Selamat dari Perangkap Iblis
Sumber: Ummi-online.com
Lalu, bagaimanakah cara agar kita bisa selamat dari perangkap iblis? Berikut ini adalah kiat-kiat agar kita tidak mudah terpedaya oleh bujuk rayu iblis:

1. Mengingat Allah SWT disetiap waktu (dzikir)
Kedekatan seseorang pada Allah SWT sesuai dengan kadar dzikirnya. Semakin sering hatinya berdzikir, akan semakin dekat ia pada Allah SWT. Sebaliknya, semakin ia lalai dari dzikir, ia pun akan semakin jauh dari-Nya dan akan semakin terhalangi dari rasa takut pada Allah sehingga iblis semakin mudah untuk memperdaya.

Di antara manfaat dzikir lainnya adalah: mendatangkan ridho Ar Rahman, menghilangkan gelisah dan hati yang gundah gulana, menguatkan hati, bahkan mendatangkan rizki.

2. Menjauhi tempat maksiat
Menjauhi tempat-tempat maksiat seperti klub-klub malam, tempat berjudi, dll adalah sebuah keharusan karena terdapat banyak bahaya, diantaranya:  menimbulkan gejolak syahwat sehingga dapat terjatuh kepada kemaksiatan.  Apabila tempat haram tidak dijauhi, maka dapat melemahkan iman dan kehilangan kebencian kepada kemaksiatan.

Hamba Allah SWT yang beriman akan selalu berusaha untuk menjaga kadar dan kualitas imannya agar tidak melemah dan terkikis. Salah satunya dengan menjauhi tempat-tempat maksiat karena disinilah banyak sekali iblis berkumpul.

3. Membiasakan diri berpuasa
Di antara hikmah puasa adalah latihan menundukkan dan menguasai hawa nafsu sehingga benar-benar tunduk dan mudah dikendalikan dan diarahkan menuju kebaikan. Karena pada dasarnya nafsu selalu mengajak kepada keburukan kecuali yang dirahmati Allah. Apabila nafsu dilepaskan dan tidak dikendalikan pasti akan menjerumuskan seseorang ke dalam kehinaan, kebinasaan dan kesengsaraan. Namun, apabila dikendalikan dan ditundukkan pasti seseorang akan mampu membawanya menuju derajat dan kedudukan yang tinggi lagi mulia.

4. Selalu mengingat bahwa iblis adalah musuh yang nyata bagi manusia
Iblis senantiasa berusaha menjerumuskan manusia pada kesesatan. Namun begitu iblis telah berhasil menggoda manusia, maka ia pun akan berlepas tangan tak mau bertanggung jawab. Ia tidak mau dipersalahkan atas upayanya menggoda dan membujuk manusia agar tersesat.  

Dalam Al-Quran, Allah menyatakan bahwa setan (Iblis) adalah musuh yang nyata bagi umat manusia. Lihat Surah Al-Baqarah [2]: 168, 208, Al-An'am [6]: 142, Al-A'raaf [7]: 22, Al-Israa' [17]: 53, al-Qashash [28]: 15, Yaasin [36]: 60, Yusuf [12] : 5, Az-Zukhruuf [43]: 62:
“Dan setan (Iblis) itu, akan senantiasa menggoda dan menjerumuskan umat manusia ke jalan yang sesat”.

Iblis senantiasa menyebarkan permusuhan dengan umat manusia. Sejak ia diusir dari surga, dengan berbagai cara, ia ingin melaksanakan pembalasan kepada Nabi Adam AS dan setiap umat manusia. Iblis telah berjanji akan selalu menggoda dan menjerumuskan umat manusia sampai hari kiamat hingga manusia mengikutinya agar bersama-sama dijebloskan ke dalam neraka. Marilah kita berlindung kepada Allah SWT dari segala tipu daya iblis dengan senantiasa meningkatkan kadar keimanan dan 4 hal seperti uraian diatas.

Waallahu a’laam bishowab. 


Sumber: Ummi-online.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Wajib Tahu: 4 Hal Penting agar Selamat dari Perangkap Iblis

0 komentar:

Posting Komentar

close