Berdakwah Dengan Hati

Sabtu, 19 Maret 2016

Inilah Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkannya

Cahayatasbih.com - Islam adalah agama yang selalu
peduli akan kebersihan, karena dalam Islam menjaga kebersihan itu sangatlah penting terutama menjaga kebersihan diri dari najis.

Seperti yang kita ketahui, najis dapat menghalangi kita untuk melakukan ibadah seperti shalat, membaca Alquran dan sebagainya. Dalam Islam sendiri najis dibedakan dalam beberapa kelompok menurut tingkatannya.


Inilah Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkannya
Sumber: Makintau.com
Dan berikut ini adalah beberapa macam-macam najis yang perlu kita ketahui dalam Islam.

1. Najis Mukhaffafah (Najis Ringan)

Najis Mukhaffafah adalah najis ringan, biasanya najis ini berasal dari air seni seorang bayi laki-laki yang masih dibawah usia 2 tahun dan hanya masih diberi makan berupa ASI (air susu ibu). Karena merupakan sebuah najis yang ringan maka untuk membersihkan najis ini juga cukup mudah yaitu cukup dengan memercikan air ke bagian yang terkena najis tersebut.

2. Najis Mutawassithah (Najis Biasa/Sedang)

Najis Mutawassithah adalah najis yang berasal dari kotoran baik kotoran hewan atau manusia, air kencing, bangkai (kecuali ikan dan belalang), air susu hewan yang diharamkan dagingnya, dan lain sebagainya.

Najis mutawassithah juga dibedakan menjadi dua yaitu:
  1. Najis ‘Ainiyah: Jelas terlihat rupa, rasa atau tercium baunya.
  2. Najis Hukmiyah: Tidak tampak (bekas kencing & miras)

Untuk mensucikan diri dari najis mutawassthah, yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian yang terkena najis dengan menggunakan air yang mengalir hingga benar-benar hilang najisnya.

3. Najis Mughalladhah (Najis Berat)

Najis Mughalladhah adalah najis yang paling tinggi tingkatannya, najis ini berasal dari air liur anjing, babi dan sebagainya. Karena merupakan najis yang berat, maka untuk cara membersihkan diri dari najis ini perlu menggunakan bilasan air 7 kali dimana salah satunya dibersihkan menggunakan tanah agar najis tersebut benar-benar hilang.

Itulah beberapa macam-macam najis dan cara membersihkannya, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin. 


Sumber: Makintau.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkannya

0 komentar:

Posting Komentar

close