Berdakwah Dengan Hati

Jumat, 25 Maret 2016

Empat Amalan yang Bisa Memadamkan Empat Api Didalam Kubur

Cahayatasbih.com - Setiap orang pasti tidak ingin masuk ke dalam neraka. Mereka takut akan siksa yang Allah janjikan bagi para penghuni neraka. Neraka merupakan tempat yang penuh dengan kepedihan dan siksaan yang sangat menyakitan. Terdapat empat amalan yang bisa memadamkan empat api di dalam kubur yang bisa anda lakukan untuk menghindarkan kita dari siksa kubur.


Berikut ini adalah empat amalan yang memadamkan api neraka:

1. Shalat memadamkan api pertama
Shalat merupakan tiang agama yang menjadi ciri utama seorang muslim. Salah satu kewajiban yang memiliki pahala dahsyat adalah shalat. Bahkan, diketahui bahwa seseorang di alam kubur nanti, perkara utama yang akan ditanyakan adalah shalat. Apabila ibadah shalat seseorang selalu tepat, baik, dan sesuai atas tuntutan Rasulullah maka semua perilakunya juga akan mengikutinya, yakni perilaku baik. Begitu juga sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa shalat dijadikan sebagai indikator perilaku seseorang. Oleh karena itu, dengan ibadah shalat yang baik dan benar maka Allah akan melindungi kita dari panasnya api neraka. Inilah manfaat shalat 5 waktu.

2. Puasa memadamkan api kedua
Puasa adalah ibadah yang memiliki banyak manfaat. Selain sebagai bentuk cinta kita pada Allah dan Rasul-Nya, ibadah ini juga dapat menahan nafsu kita. Dengan puasa, maka kita menahan untuk tidak makan dan minum dari subuh sampai maghrib. Namun, keutamaan puasa yang sebenarnya adalah menahan nafsu untuk perbuatan-perbuatan yang tidak berguna. Tidak hanya puasa wajib Ramadhan yang dapat kita lakukan. Terdapat beberapa ibadah puasa sunnah yang menambah ridho Allah untuk senantiasa melindungi kita dari api neraka. Hikmah dan manfaat puasa akan didapatkan jika kita melakukannya hanya untuk Allah.

3. Sedekah memadamkan api ketiga
Ibadah yang cukup mudah untuk dilakukan adalah sedekah. Bahkan, senyum sudah dihitung sebagai sedekah. Sehingga sedekah tidak hanya bisa dilakukan bagi orang yang berharta tapi orang yang rendah tingkat ekonominya pun dapat melakukan amalan ini. Sadarilah, bahwa apa yang kita miliki sekarang ini bukanlah milik kita. Namun, semua ini hanyalah titipan Allah yang pada suatu saat nanti dapat diambil oleh-Nya. Oleh karena itu, apa salahnya jika kita berbagi dengan orang lain yang lebih membutuhkan. Gunakanlah harta benda titipan Allah di jalan Allah pula. Keajaiban sedekah dan istighfar akan menghindarkan kita dari api neraka.

4. Kesabaran memadamkan api keempat
Kita sering mendengar kata kesabaran ada batasnya. Sebenarnya, hal ini tidak benar. Kesabaran tidak memiliki batas tapi yang memiliki batas adalah keimanan orang tersebut. Orang yang beriman maka ia akan memiliki kesabaran dalam menjalani setiap kehidupan, meskipun itu menyusahkan atau menyedihkan. Sebuah dalil yang terkenal mengatakan bahwa orang sabar disayang Allah. Hal ini benar adanya, Allah menyukai orang yang sabar karena disetiap musibah akan ada keindahan yang lebih jika kita menjalaninya dengan sabar dan ikhlas.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bagaimana cara untuk memadamkan api neraka. Pastinya, kita tidak ingin menjadi salah satu penghuni neraka karena di dalam neraka akan ada siksaan yang begitu pedih. Oleh karena itu, tingkatkanlah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah agar Dia melindungi kita dari godaan setan dan dari siksa api neraka. Demikian empat amalan yang bisa memadamkan empat api di dalam kubur.


Sumber : kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Empat Amalan yang Bisa Memadamkan Empat Api Didalam Kubur

0 komentar:

Posting Komentar

close