Berdakwah Dengan Hati

Rabu, 24 Februari 2016

Ternyata Sangat Mudah Bangun Tahajud dengan Delapan Cara Ini

Cahayatasbih.com - Salat tahajud merupakan shalat sunnah
yang dikerjakan pada malam hari, tepatnya setelah orang tersebut bangun dari tidur. Waktu yang paling mustajab untuk melaksanakan shalat tahajud adalah sepertiga malam. Di saat inilah malaikat turun ke bumi dan Allah mengabulkan setiap doa hamba-Nya.

Namun yang menjadi permasalahan adalah banyak orang yang sulit terbangun pada waktu tersebut. Kesibukan di siang hari membuat mereka terlelap dalam tidurnya dan terbangun ketika matahari sudah terbit.


Ternyata Sangat Mudah Bangun Tahajud dengan Delapan Cara Ini
Sumber: Infoyunik.com
Hal ini tentu saja menyelipkan penyesalan tersendiri karena tidak bisa melaksanakan salat tahajud di waktu sepertiga malam. Berikut ada beberapa cara agar mudah terbangun untuk melaksanakan shalat tahajud. Simak informasinya di bawah ini.

1. Niat yang Kuat
Cara pertama yang harus dilakukan agar bisa terbangun untuk melaksanakan shalat tahajud adalah menanamkan niat yang kuat di dalam hati. Dengan niat yang kuat ini menjadi bukti bahwa kita serius merasa sangat kecil di hadapan Allah SWT. Sehingga akan membuat kita menyadari bahwa ibadah ini harus dilaksanakan sebaik mungkin.

Orang yang memiliki niat yang kuat dalam melaksanakan shalat tahajud akan mengetahui bahwa di waktu sepertiga malam inilah Sang pemilik kehidupan turun dari Arsy Nya, ke langit paling rendah untuk mengabsen sendiri hamba Nya yang istiqomah.

Abdul Ghani Al-Maqdisi rahimahullah berkata, “Hadits-hadits tentang turunnya Allah ke langit dunia setiap hari telah mencapai derajat mutawatir dan (sanadnya) shahih. Maka wajib bagi kita untuk mengimaninya.

2. Tidur diawal Waktu
Selain niat yang kuat, agar mudah bangun untuk melaksanakan tahajud di waktu sepertiga malam kita juga harus tidur di awal waktu seperti yang sering dilakukan oleh nabi. Hal ini merupakan kebiasaan yang baik untuk melatih diri dan keluarga agar terbiasa bangun pagi juga.

Sahabat mulia Ibnu Abbas pernah bertutur: “Suatu ketika aku pernah bermalam dirumah bibiku Muimunah untuk melihat bagaimana shalatnya Rasulullah, beliau berbincang sejenak bersama istrinya, kemudian tidur”.(HR. Muslim: 763)

3. Melakukan Amalan Sebelum Tidur
Melakukan amalan sebelum tidur menjadi salah satu cara agar bisa mudah bangun pagi. Sebelum tidur, kita bisa melakukan amalan seperti menutup pintu, bejana, mematikan api, melantunkan dzikir sebelum tidur serta berbaring ke kanan.

Dari Jabir Bin Abdullah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tu tuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian.(HR. Bukhari 6296 dan Muslim 2012)

4. Tidur Siang
Cara keempat agar mudah bangun sepertiga malam untuk melaksanakan shalat tahajud adalah tidur siang. Ketika ada waktu luang di siang hari, gunakanlah untuk tidur dari pada menonton televisi. Hal ini perlu dilakukan agar ada energi yang tersimpan untuk melaksanakan shalat tahajud di malam harinya.

5. Tidak Makan Terlalu Kenyang
Cara lainnya yakni tidak makan terlalu kenyang.Hal tersebut dikarenakan perut yang terlalu kenyang akan membuat hati dan tubuh malas dalam melakukan aktivitas terlebih lagi beribadah. Orang yang terlalu kenyang akan lebih memilih untuk kembali tidur dari pada melaksanakan shalat tahajud.

6. Mengajak Keluarga Shalat Tajahud Berjamaah
Mengajak keluarga shalat tahajud berjamaah menjadi salah satu solusi agar mudah terbangun di sepertiga malam. Dengan melakukan hal ini satu sama lainnya akan saling mengingatkan untuk melakukan ibadah.

Diriwayatkan dari Zaid bin Aslam rahimahullaah bahwa ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu melakukan shalat malam dalam waktu yang cukup lama hingga di akhir malam beliau membangunkan keluarganya untuk melakukan shalat. Beliau berkata, “Shalatlah kalian! Shalatlah kalian!”

7. Konsisten
Konsisten dalam mengerjakan sesuatu termasuk ibadah menjadi salah satu cara agar mudah bangun untuk melaksanakan shalat tahajud. Sempatkanlah untuk membuat list harian yang ditempel di tempat yang sering dilewati atau dimasuki agar mudah mengontrol ibadah yang dilakukan.

8. Paksakan Tubuh untuk Melaksanakannya
Cara terakhir yang bisa dilakukan agar mudah bangun melaksanakan shalat tahajud adalah memaksa tubuh untuk melakukannya. Hal ini perlu dilakukan jika tujuh langkah di atas tidak mempan membuat kita bangun.

Kita harus menyadari bahwa kesulitan bangun dan menjalankan ibadah tahajud sebagian besar datangnya dari syaitan atau hawa nafsu manusiawi yang didekingi oleh iblis. Itulah menyebabkan kita harus memaksa tubuh agar mengusir rasa malas tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai delapan cara agar mudah bangun untuk melaksanakan shalat tahajud. Tanamkan dalam hati bahwa melaksanakan shalat tahajud memiliki keutamaan yang sangat besar bagi manusia. Semoga Allah senantiasa meridhoi amalan yang kita lakukan.


Sumber: Infoyunik.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ternyata Sangat Mudah Bangun Tahajud dengan Delapan Cara Ini

0 komentar:

Posting Komentar

close