Berdakwah Dengan Hati

Selasa, 12 Januari 2016

7 Tipe Wanita yang Dirindukan Surga, Apakah Anda Salah Satunya?

Cahayatasbih.com - Wanita merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang mulia. Ada banyak keistimewaan yang diberikan Allah para kaum hawa ini. Akan tetapi di balik banyaknya keistimewaan tersebut, ternyata ada banyak pula aturan Islam terkait seorang wanita.
Bahkan banyak hadist yang menyebutkan bahwa wanita adalah penghuni neraka yang paling banyak. Penyebab mereka menjadi penghuni neraka pun beragam, mulai dari karena dosa yang diperbuatnya ataupun perbuatannya yang menyebabkan orang lain berdosa.


7 Tipe Wanita yang Dirindukan Surga, Apakah Anda Salah Satunya?
Sumber: Infoyunik.com
Akan tetapi, sebenarnya wanita itu tidak selalu identik dengan penghuni neraka. Karena ada juga karakter wanita yang dirindukan oleh surga. Karakter seperti apakah yang dimaksud? Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Menjaga Shalat Lima Waktu
Karakter pertama wanita yang dirindukan oleh surga adalah mereka yang menjaga shalat lima waktunya. Seperti yang diketahui bahw shalat merupakan rukun Islam yang kedua. Shalat juga menjadi ibadah pembeda antara orang mukmin dan orang kafir.

Shalat merupaka amalan pertama  yang akan dihisab saat di akhirat kelak. Jika baik shalatnya maka baik pula amalan lainnya dan sebaliknya. Rasulullah SAW bersabda:

 “Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka.” (HR. Ahmad; shahih)

2. Berpuasa di Bulan Ramadhan
Sesuai dengan hadist di atas, karakter wanita yang dirindukan oleh surga lainnya adalah mereka yang senantiasa berpuasa di bulan Ramadhan. Rukun Islam ketiga ini wajib dilaksanakan oleh setiap kaum muslim. Muslimah yang sudah baligh tentu saja juga diwajibkan untuk berpuasa. Kecuali mereka yang berhalangan untuk puasa seperti karena haid. Namun diwajibkan atas mereka untuk mengganti puasa tersebut di bulan lainnya.

3. Menjauhi Zina
Sebenarnya, jalan menuju surga bagi kaum wanita itu sangat terbuka lebar. Selain dengan melakukan amalan seperti shalat lima waktu, puasa Ramadhan ternyata ada amalan lain yang harus dilakukan oleh seorang wanita agar dirindukan oleh surga, yakni dengan menjauhi zina.

Zina merupakan dosa besar yang yang keji dan dibenci oleh Allah SWT. Islam bukan hanya melarang perbuatan zina, bahkan mendekatinya pun tidak diperbolehkan. Oleh sebab itu, wanita yang bisa menjaga dirinya untuk menjauhi zina akan dirindukan kehadirannya di surga kelak.

4. Taat kepada Suami
Di dalam Islam, suami merupakan sosok pemimpin bagi istri dan keluarganya. Perintah yang ia berikan wajib ditaati selama itu tidak melanggar syariat agama. Ternyata wanita yang taat kepada suaminya ini termasuk dalam karakter wanita yang dirindukan oleh surga.

Hushain bin Muhshin ra berkata: Seseorang telah menceritakan kepadaku, "Aku pernah datang menemui rasulullah saw untuk sebuah kebutuhan, Rasulullah SAW berkata,' Ada apa ini, apakah engkau punya suami?' Aku menjawab, 'Ya', Rasulullah SAW kembali bertanya,' Bagaimana ketaatanmu padanya? 'Aku menjawab. 'Aku tidak pernah meremehkan ketaatan dan pengabdian kepadanya, kecuali jika aku tidak mampu. 'Rasulullah SAW menjawab, 'Lihatlah dirimu, sejauh mana kedudukanmu di mata suamimu, dia adalah surga dan neraka bagimu.'

5. Penuh Kasih Sayang
Karakter wanita yang dirindukan oleh surga selanjutnya adalah ia yang penuh dengan kasih sayang. Pada dasarnya seorang wanita itu harus memiliki kasih sayang yang berlimpah untuk suami dan anak-anaknya.

Dengan kasih sayangnya tersebut, ia bisa menjadi sosok yang menguatkan suami agar selalu berbakti kepada Allah SWT. Selain itu, dengan kasih sayangnya ia juga akan membesarkan anak-anaknya untuk menjadi generasi masa depan penerus agama Islam.

6. Melahirkan Keturunan
Wanita yang dirindukan oleh surga selanjutnya adalah mereka yang melahirkan keturuan. Rasulullah SAW membanggakan umatnya yang berjumlah banyak dibandingkan nabi-nbi sebelumnya. Tenyata, seorang wanita yang bisa melahirkan keturunan dan mendidik anak-anaknya tersebut menjadi generasi yang shaleh akan mendapatkan balasan dengan kedudukan yang istimewa.

“Istri-istri kalian yang termasuk ahli surga adalah: yang penuh kasih sayang, yang melahirkan keturunan, yang kembali (bersandar) kepada suami; jika suaminya marah, ia datang kepadanya dan meletakkan tangannya di atas tangan suaminya sembari mengatakan, ‘Aku tidak akan tidur sampai engkau meridhaiku.’” (HR. An Nasa’i dan Thabrani)

7. Selalu Berupaya Mencari Keridhaan Suami
Karakter wanita terakhir yang dirindukan oleh surga adalah istri yang selalu berupaya mencari keridhaan suami. Wanita yang memiliki karakter seperti ini tidak ingin membuat suaminya marah. Berdasarkan hadist di poin 6, wanita seperti ini akan membujuk suaminya jika marah hingga kemarahannya reda. Bahkan ia tidak akan tidur hingga suaminya tersebut ridha kepadanya.

Demikianlah informasi mengenai tujuh karakter wanita yang dirindukan oleh surga. Semoga setiap muslimah bisa menjalankan amalan di atas agar menjadi wanita penghuni surga dan menikmati buah dari perbuatan selama di dunia.


Sumber: Infoyunik.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Tipe Wanita yang Dirindukan Surga, Apakah Anda Salah Satunya?

0 komentar:

Posting Komentar

close